Simulasi Analisa Struktur Steering Knuckle Mobil Hemat Energi Naga Pasa Evo I Weimana Menggunakan Ansys Workbench
Abstrak
Komponen Steering Knuckle adalah bagian terpenting dari kendaraan yang terhubung ke roda depan dengan
bantuan hub roda dan ini juga terhubung ke steering system dan rem ke chasis. Penelitian ini fokus dilakukan
dengan menganalisis kekuatan steering knuckle mobil hemat energi Naga Pasa Evo I Weimana dalam kondisi
statis dengan menggunakan material aluminium 6061. Steering knuckle menahan beban masing-masing roda
depan dengan berat maksimum sebesar 32 kg. Analisis dilakukan terhadap nilai tegangan von mises,
deformation, dan safety factor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tegangan von mises pada steering knuckle
kiri sebesar 37,378 MPa dan kanan sebesar 34,964 MPa. Hal ini mengindikasikan bahwa material ini memiliki
ketahanan yang tinggi terhadap tegangan yang terjadi karena masih jauh dari batas kekuatan luluh aluminium
6061 sebagai materialnya, yaitu sebesar 259,20 MPa. Total deformasi yang terjadi pada steering knuckle kiri
sebesar sebesar 0,1329 mm dan kanan sebesar 0,0718 mm, ini mengindikasikan bahwa material steering knuckle
mengalami deformasi elastis yang berarti material akan kembali ke bentuk semula ketika beban dihilangkan.
Selain itu, nilai safety factor pada steering knuckle kiri sebesar 6,9345 dan kanan sebesar 7,4134. Hal ini
menandakan bahwa material dan desain cukup kuat dan memberikan nilai keamanan yang besar.