HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN STRES AKADEMIK PADA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019
DOI:
https://doi.org/10.24843/coping.2025.v13.i01.p12Keywords:
efikasi diri, mahasiswa, pandemi covid-19, stres akademikAbstract
Pandemi corona virus disease 2019 memberikan dampakxpada semua sektor, salah satunya sektor pendidikan. Penyesuaian proses pembelajaran dilakukan dari luring menjadi daring. Perubahan metode pembelajaran memberikan dampak kepada mahasiswa salah satunya dampak psikologis yaitu stres akademik yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunyaxadalah efikasi diri. Efikasi diri merupakan suatu keyakinan yang dimiliki seseorang untuk mencapai suatu tujuan sehingga terhindar dari stres akademik. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan efikasi diri dengan stres akademik pada masa pandemi corona virus disease 2019 pada Mahasiswa. Program. Studi. Sarjanax Ilmu Keperawatan FakultasxKedokteranxUniversitasxUdayana. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross-sectional dengan jumlah sampel sebanyak 206. Penelitian ini menggunakan uji statistik Spearman Rank dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan arah korelasi negatif dan kekuatan hubungan rendah antara efikasi diri dengan stres akademik (p-value= 0,000; r=-0,268). Mayoritas mahasiswa memiliki tingkat stres akademik dan efikasi diri sedang, yaitu sebanyak 76,7% dan 88,8%. Mahasiswa keperawatan diharapkan dapat mempertahankan atau meningkatkan efikasi dirinya, dengan cara melakukan pendekatan dengan kakak kelas atau berkonsultasi dengan pembimbing akademik untuk meminta bantuan atau saran saat mengalami kesulitan.