MENGEMBANGKAN MINAT KEWIRUSAHAAN MELALUI KEGIATAN BUDIDAYA IKAN NILA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
Budidaya, Ikan Nila, Kewirausahaan, Sekolah Dasar, Desa GalunganAbstract
Kurikulum Merdeka untuk sekolah dasar melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah bertujuan untuk kegiatan-kegiatan di luar kelas dapat membantu peserta didik memahami bahwa pembelajaran memiliki hubungan dengan kehidupan sehari-hari yaitu kewirausahaan. Lokasi dari pengabdian ini berada di Desa Galungan yang merupakah salah satu desa di dataran tinggi dengan sumberdaya air yang melimpah. Tujuan dari pengabdian ini adalah membantu siswa sekolah dasar untuk dapat mengembangkan karakter kewirausahaan melalui kegiatan budidaya Ikan Nila, sehingga dapat memaksimalkan potensi desa serta
memiliki tanggung jawab dan karakter kemandirian. Metode pengabdian dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu melalui tahap survey lokasi untuk pembuatan kolam terpal, penyiapan benih, sosialisasi Cara Budidaya Ikan Benar (CBIB), dan evaluasi. Manfaat dari pengabdian ini adalah siswa-siswi memiliki kemampuan untuk
keahlian dalam usaha budidaya Ikan Nila. Siswa memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas yang sudah diberikan serta mampu memberikan prinsip untuk terus belajar dari pengalaman sehingga menghindari kegagalan. Siswa juga mampu memiliki prinsip untuk menjadi seorang wirausaha harus banya memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga kegiatan usaha tersebut dapat berkelanjutan.